INFO EDUKASI TERKINI #9: TIDUR SEHAT ALA RASULULLAH SAW

 INDUKSI: Info Edukasi Terkini #9


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh🙌🏻



Apa kabar ikhwah fillah??? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaaa, Aamiin 🤲🏻

Kami ada konten bermanfaat lagi nih buat kalian semua! 🙌🏻

Mari kita sama-sama menambah khazanah atau pengetahuan mengenai informasi aktual yang berkaitan dalam bidang keagamaan maupun keilmiahan. Gassin Kuyyy🔥


Tidur Sehat Ala Rasulullah SAW


Tidur yang sehat 

Tidur merupakan nikmat dan kasih sayang Allah SWT yang diberikan kepada hamba-Nya dan merupakan salah satu kebesaran dan kekuasaaan Allah SWT. Tidur adalah proses istirahat bagi semua makhluk hidup dengn tujuan untuk mengistirahatkan beberapa organ tubuh dari berbegai aktivitas yang dilakukannya. Lalu apa sih tidur yang sehat itu? Tidur yang sehat adalah tidur yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Lalu seperti apa sih tidur yang sehat itu? Ternyata Rasulullah SAW telah mencontohkan bagaimana tidur yang sehat. Penasarankan gimana sih tidur ala Rasulullah? Yuk simak konten kali ini.


Cara tidur ala Rasulullah SAW

• Wudhu sebelum tidur

Rasulullah SAW bersabda “Apabila engkau hendak mendatani pembaringan, maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebgaimana untuk melakukan shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari hasil penelitian dr. Musthafa Syahatah, menyatakan bahwa wudhu dapat mengurangi jumlah kuman yang ada pada tubuh sehingga tubuh menjadi bersih dan dapat menghindari beberapa macam penyakit.

• Tidur miring ke kanan

Rasulullah SAW bersabda “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu” (HR. Bukhari dan Muslim). Posisi tidur miring ke kanan dapat memberikan efek positif bagi aktivitas jantung karena jantung tidak akan tertimpa oleh organ lain. Pada posisi ini juga memudahkan untuk mengosongkan isi lambung karena sambungan antara lambung dan usus berada di sebelah kanan sehingga isi lambung dapat lebih mudah masuk ke usus (Sulistiawati, 2023)

• Tidur dalam keadaan gelap

Rasulullah SAW bersabda “Padamkanlah lampu-lampu di mlam hari pada saat kaliantidur malam, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman” (HR Bukhari)

Berdasarkan penelitian ternyata tidur dalam keadaan gelap akan menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Menurut National Sleep Fondation tidur seperti ini dapat menurunkan depresi dan menjadi sarana unutk menstabilkan pikiran. Selain itu tidur seperti ini juga dapat menghindari resiko obesitas karena pada saat cahaya redup tubuh akan mengatur ulang ritme fisik termasuk jadwal makan.

• Tidur awal malam

Aisyah RA berkata “Rasulullah SAW tidur pada awal malam dan bangun pada penghujung malam lalu beliau melakukan sholat (HR Muttafaqqun’alaih).

Tidur yang cukup dapat meningatkan kemampuan konsentrasi, pemecahan masalah dan daya ingat. Kemudian tidur yang cukup juga dapat menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu, menurut Matthew Walker bahwa tidur yang kurang dari enam atau tujuh jam dapat merudsak imunitas tubuh, meningkatkan potensi Alzheimer, meningkatkan resiko terkena stroke, gagal jantung dan diabetes.


Waktu tidur yang tidak dianjurkan

• Tidur setelah Subuh

Di dalam Kitab Al-fawaidu Al-Mukhtarah, hal. 590, Habib Zain bin Smith menyatakan bahwa tidur setelah subuh menghilangkan keberkahan rezeki dan keberkahan umur. Selain itu, tidur setelah subuh juga menimbulkan rasa malas.

• Tidur setelah Ashar

Tidur setelah ashar dapat mengakibatkan berkurangnya daya aktif akal manusia sehingga dapat mengakibatkan linglung.

• Tidur sebelum shalat Isha

Tidur diwaktu ini dimakruhkan sebab kebanyakan orang jika sudah tidur maka akan sulit untuk bangun sehingga membuat manusia meremehkan shalat.


Tunggu dan simak terus update terkait INDUKSI berikutnya di ig @gamaisunsoed dan di website gamais tentunya.


“Semoga di awal bulan Muharram ini kita senantiasa Istiqomah di jalan Allah SWT, aamiin"

Terima kasih🙏🏻

Wassalamu' alaikum warahmatullahi wabarakatuh


#DepartemenIlmiahdanPustaka
#KabinetAl-Uswah
#GamaisFapertaUnsoed
#Edukasi
#TidurSehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2024/2025

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2023/2024

INFO EDUKASI TERKINI #1: SUJUD