INFO EDUKASI TERKINI #11: INDAHNYA SHOLAT TAHAJUD

 INDUKSI: Info Edukasi Terkini #11


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh🙌🏻



Apa kabar ikhwah fillah??? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaaa, Aamiin 🤲🏻

Kami ada konten bermanfaat lagi nih buat kalian semua! 🙌🏻

Mari kita sama-sama menambah khazanah atau pengetahuan mengenai informasi aktual yang berkaitan dalam bidang keagamaan maupun keilmiahan. Gassin Kuyyy🔥


INDAHNYA SALAT TAHAJUD

Perintah Allah SWT untuk Salat Tahajud

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

"Pada sebagian malam lakukanlah salat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al-Isra ayat 79)


Kemudian dalam sebuah riwayat hadis yang dikemukakan oleh Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda:

“Bahwasanya Rasulullah saw ditanya orang, “Salat manakah yang paling utama setelah salat yang diwajibkan (salat lima waktu)?” Rasulullah saw menjawab, “Salat tahajud.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah). 


Dalil diatas merupakan perintah Allah SWT dan Sunnah Rosul terkait salat tahajud. Lalu apa sih salat tahajud itu dan mengapa kita diperintahkan untuk mengerjakannya? Yukk simak konten berikut ini.

Salat Tahajud adalah salat sunnah yang sangat dianjurkan (salat sunah muakad) yang didirikan pada malam menjelang pagi/ sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Berasal dari kata kerja ‘tahajjada’ yang berarti tetap terjaga di malam hari, berjaga malam. Sedangkan menurut istilah fiqih adalah salat sunnah malam hari yang dilakukan setelah tidur. Dalam pelaksanaannya, salat Tahajud dilakukan di malam hari setelah bangun tidur untuk lebih spesifiknya yaitu pada jam 01.00 sampai sebelum masuknya waktu subuh. Jumlah rakaatnya tidak dibatasi, akan tetapi pada setiap dua rakaat ditutup dengan salam.


Cara salat tahajud sama seperti salat sunnah dua rakaat lainnya, perbedaannya hanya pada niatnya, berikut merupakan niat dari salat tahajud:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat salat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Ustad Adi Hidayat terdapat tiga jenis surat yang dapat dibaca ketika salat sunnah tahajud:

• Surat yang ringan atau mudah bagi kita

• Surat yang sulit atau panjang yang urut, ini menjadi kesempatan untuk mengulang hafalan kita

• Surat yang sesuai dengan kebutuhan kita

Salat tahajud dapat memberikan berbagai macam kebaikan bagi kita seperti mendapatkan ridha Allah SWT, semakin dekat dengan Allah SWT, diberikan ketentraman hati, dikabulkan permintaanya, diampuni dosa dosanya dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, dari segi kesehatan ternyata salat tahajud juga dapat menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol merupakan hormon steroid yang diproduksi dan dilepaskan oleh kelenjar adrenal yang memengaruhi organ dan jaringan tubuh. Menurunnya hormon ini dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh, menstabilkan tekanan darah, menenangkan pikiran, serta menstabilkan metabolisme tubuh (https://my.clevelandclinic.org/health/articles/22187-cortisol).


Tunggu dan simak terus update terkait INDUKSI berikutnya di ig @gamaisunsoed dan di website gamais tentunya.


“Semoga di bulan Safar ini kita senantiasa Istiqomah di jalan Allah SWT, aamiin"

Terima kasih🙏🏻


Wassalamu' alaikum warahmatullahi wabarakatuh


#DepartemenIlmiahdanPustaka
#KabinetAl-Uswah
#GamaisFapertaUnsoed
#Edukasi
#IndahnyaSalatTahajud

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2024/2025

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2023/2024

INFO EDUKASI TERKINI #1: SUJUD