INFO EDUKASI TERKINI #10: CINTAILAH ALAM CIPTAAN ALLAH SWT

INDUKSI: Info Edukasi Terkini #10


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh🙌🏻


Apa kabar ikhwah fillah??? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaaa, Aamiin 🤲🏻

Kami ada konten bermanfaat lagi nih buat kalian semua! 🙌🏻

Mari kita sama-sama menambah khazanah atau pengetahuan mengenai informasi aktual yang berkaitan dalam bidang keagamaan maupun keilmiahan. Gassin Kuyyy🔥


Cintailah Alam Ciptaan Allah SWT

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ 

Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah diatur dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat dengan orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al A’Raf ayat 56)

Dari ayat di atas kita dilarang oleh Allah SWT untuk membuat kerusakan di bumi karena segala sesuatu yang ada di alam semesta ini ditujukan untuk keperluan dan kesejahteraan manusia. Jadi kita harus menjaganya dengan baik.


Mencintai Alam Menurut Pandangan Islam

Alam semesta dan seisinya merupakan ciptaan Allah SWT yang tersusun atas berbagai unsur dan elemen yang seimbang dan terukur dengan baik. Mereka memiliki bentuk dan manfaat masing- masing bagi alam semesta. Manusia menjadi elemen yang tidak bisa dipisahkan dari alam semesta. Alam semesta diciptakan oleh Allah SWT dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan menyejahterakan umat manusia. Oleh karena itu, kita sebagai umat manusia yang beriman, kita memiliki kewajiban untuk menjaga dan mencintai alam semesta kita sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT.


Bentuk Cinta Kepada Alam

1. Kurangi Penggunaan Plastik 

Plastik merupakan salah satu penyumbang polusi lingkungan terbesar. Kita dapat mengurangi penggunaan plastik dengan membawa tas belanja sendiri, menggunakan botol minum yang dapat digunakan kembali, dan menghindari produk sekali pakai.

2. Hemat Energi 

Penggunaan energi yang berlebihan dapat menyebabkan pemanasan global. Kita dapat menghemat energi dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan, menggunakan transportasi umum, dan beralih ke energi terbarukan seperti tenaga surya.

3. Menanam Pohon 

Pohon berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Mari kita menanam pohon di lingkungan sekitar rumah sekolah dan mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama.

4. Kelola Sampah dengan Bijak 

Buang sampah pada tempatnya dan lakukan pengelolaan pembuangan sampah organik dan non-organik. Sampah organik dapat dijadikan kompos untuk menyuburkan tanaman, sedangkan sampah non-organik dapat didaur ulang menjadi barang baru.

5. Menggunakan Produk Ramah Lingkungan 

Produk ramah lingkungan adalah produk yang mempertimbangkan dampak dari produk tersebut terhadap lingkungan. Produk ramah lingkungan dapat membantu mengurangi konsumsi bahan tak terbarukan, mengurangi polusi, menjaga kesehatan dan hemat energi. (https://rheem.id/blog/ciri-ciri-produk-ramah-lingkungan/)

6. Edukasi dan Berbagi 

Mari sebarkan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan terhadap teman, keluarga, dan masyarakat sekitar. Kita dapat berbagi informasi melalui media sosial, mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan, dan berpartisipasi dalam program pelestarian alam.


Tunggu dan simak terus update terkait INDUKSI berikutnya di ig @gamaisunsoed dan di website gamais tentunya.

“Semoga di awal bulan Safar ini kita senantiasa Istiqomah di jalan Allah SWT, aamiin"

Terima kasih🙏🏻


Wassalamu' alaikum warahmatullahi wabarakatuh


#DepartemenIlmiahdanPustaka
#KabinetAl-Uswah
#GamaisFapertaUnsoed
#Edukasi
#CintailahAlamCiptaanAllahSWT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2024/2025

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2023/2024

INFO EDUKASI TERKINI #1: SUJUD