INFO EDUKASI TERKINI #12: KACANG ADAS

 INDUKSI : Info Edukasi Terkini #12


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh🙌🏻




Apa kabar ikhwah fillah??? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaaa, Aamiin 🤲🏻
Kami ada konten bermanfaat lagi nih buat kalian semua! 🙌🏻
Mari kita sama-sama menambah khazanah atau pengetahuan mengenai informasi aktual yang berkaitan dalam bidang keagamaan maupun keilmiahan, khususnya pada beberapa tanaman atau buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an, berupa kisah dan keilmiahannya. Gassin Kuyyy🔥

Kacang Adas (Lens culinaris) atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai lentil merupakan salah-satu di antara jenis tanaman bijian-bijian yang disebut dalam al-Qur'an., Jenis kacang yang sudah populer sejak zaman nabi ini juga terkenal punya rasa enak serta kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan. namun kacang ini tidak begitu populer di Indonesia dibanding jenis kacang- kacangan lainnya, kacang ini dikenal sebagai oleh-oleh khas tanah suci.

Allah SWT berfurman

وَمُومِهَا وَعَدَبِهَا وَبَصَلِهَا قَالَ أَتَسْتَبْدِلُونَ الَّذِي هُوَ أَدْنَىٰ بِالَّذِي هُوَ خَيْرٌ أَهْبِطُوا مِصْرًا فَإِنَّ لَكُم مَّا سَأَلْتُمْ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَالْمَسْكَنَهُ وَبَاءُو بِغَضَبٍ مِّنَ اللَّهِ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِايَتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّنَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ذَلِكَ بِمَا عَصَوا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ ٦١

Artinya:

Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, "Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhan-mu untuk kami, agar Dia Memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah."

Dia (Musa) menjawab, "Apakah kamu meminta sesuatu yang buruk sebagai ganti dari sesuatu yang baik? Pergilah ke suatu kota, pasti kamu akan memperoleh apa yang kamu minta." Kemudian mereka ditimpa kenistaan dan kemiskinan, dan mereka (kembali) mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas.

Para ahli nutrisi menilai bahwa makanan yang terdiri dari kacang Adas (lentil) dan jenis biji- bijian lain merupakan jenis makanan yang berprotein lengkap. Manfaat kacang adas, yakni mengatur tekanan darah, mengurangi kadar air berlebih serta menurunkan tekanan darah tinggi. Yang terakhir, lentil juga mengandung cukup banyak zat besi yang sangat diperlukan oleh orang dewasa dan ibu hamil dengan takaran jumlah yang besar. Namun Kacang adas tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah, karena ia mengandung antinutrien, seperti asam fitik (phytic acid) dan tanin.


Nah, itu dia informasi tentang kacang adas. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat ya, teman-teman.🙌

Tunggu dan simak terus update terkait INDUKSI berikutnya di ig @gamaisunsoed dan di website gamais tentunya.


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

#DepartemenIlmiahdanPustaka
#KabinetRabbaniyyin
#GamaisFapertaUnsoed
#Edukasi
#Kacang Adas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2024/2025

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2023/2024

INFO EDUKASI TERKINI #1: SUJUD