INFO EDUKASI TERKINI #7: OLAHRAGA

INDUKSI: Info Edukasi Terkini #7


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh🙌🏻


Apa kabar ikhwah fillah??? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaaa, Aamiin 🤲🏻

Kami ada konten bermanfaat lagi nih buat kalian semua! 🙌🏻

Mari kita sama-sama menambah khazanah atau pengetahuan mengenai informasi aktual yang berkaitan dalam bidang keagamaan maupun keilmiahan. Gassin Kuyyy🔥


OLAHRAGA DALAM PANDANGAN ISLAM


Allah Subhanah wa Ta’ala juga berfirman:

قَالَ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاهُ عَلَيْكُمْ وَزَادَهُ بَسْطَةً فِي الْعِلْمِ وَالْجِسْمِ

“(Nabi mereka) berkata, “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah memilihnya menjadi rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang perkasa.” (QS. al-Baqarah: 247).


قَالَتْ إِحْدَاهُمَا يَا أَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الأمِينُ 

“Karena sesungguhnya orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat fisiknya lagi dapat dipercaya. (QS. al-Qashash: 26).


Olahraga adalah sebagai salah satu aktivitas fisik yang bermanfaat untuk menjaga dan juga meningkatkan kualitas kesehatan. Islam adalah agama yang menganggap bahwa kesehatan itu sangat penting dan utama. Rasulullah SAW juga merupakan orang yang gemar berolahraga lohh, Bahkan Rasulullah SAW memiliki badan yang atletis, bugar, dan jarang sakit, hal itu karena ia gemar olahraga berkuda dan memanah.


Menurut sebagian ulama di Indonesia hukum olahraga adalah SUNNAH atau dianjurkan melakukannya selama pelaksanaannya tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Ada juga sebagian ulama lain yang mempunyai pandangan bahwa hukum olahraga adalah mubah atau di bolehkan. Tetapi apabila dalam pelaksanaannya bertentangan dengan syariat Islam atau bahkan menimbulkan perbuatan maksiat, maka hukumnya adalah haram. Sebaliknya jika sesuai dengan syariat islam dan dengan niat semata-mata karena Allah SWT dan mengikuti sunnah Nabi maka bisa menjadi pahala untuk siapapun yang melakukannya. Ada juga sebagian ulama lain yang mempunyai pandangan bahwa hukum olahraga adalah mubah atau di bolehkan.


Adapun manfaat dari berolahraga adalah

1. Melindungi dari penyakit seperti stroke, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, osteoporosis, dan nyeri punggung.

2. Memperbaiki suasana hati dan menghilangkan stress atau gelisah yang berlebih, karena selama berolahraga tubuh akan emngeluarkan hormon endorfin atau hormon pemicu rasa senang

3. Membentuk otot- otot yang ada di dalam tubuh manusia baik yang menginginkan bentuk tubuh yang berotot juga bisa menjaga stamina tubuh agar selalu fit.


Jadi tunggu apalagi,yukk berolahraga!!! dengan berolahraga tubuh sehat, hati senang, aktivitas dan ibadah kita pun menjadi lebih maksimal.


Tunggu dan simak terus update terkait INDUKSI berikutnya di ig @gamaisunsoed dan di website gamais tentunya.

“Semoga di akhir bulan Dzulhijjah ini kita senantiasa Istiqomah di jalan Allah SWT, aamiin"

Terima kasih🙏🏻

Wassalamu' alaikum warahmatullahi wabarakatuh

#DepartemenIlmiahdanPustaka
#KabinetAl-Uswah
#GamaisFapertaUnsoed
#Edukasi
#Olahraga


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2024/2025

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2023/2024

INFO EDUKASI TERKINI #1: SUJUD