INFO EDUKASI TERKINI #5: SEDEKAH

INDUKSI: Info Edukasi Terkini #5


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh๐Ÿ™Œ๐Ÿป


Apa kabar ikhwah fillah??? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaaa, Aamiin ๐Ÿคฒ๐Ÿป

Kami ada konten bermanfaat lagi nih buat kalian semua! ๐Ÿ™Œ๐Ÿป

Mari kita sama-sama menambah khazanah atau pengetahuan mengenai informasi aktual yang berkaitan dalam bidang keagamaan maupun keilmiahan. Gassin Kuyyy๐Ÿ”ฅ



Perintah bersedekah

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

ูŠٰูۤ€ุงَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงٰู…َู†ُูˆْุۤง ุงَู†ْูِู‚ُูˆْุง ู…ِู…َّุง ุฑَุฒَู‚ْู†ٰูƒُู…ْ ู…ِّู†ْ ู‚َุจْู„ِ ุงَู†ْ ูŠَّุฃْุชِูŠَ ูŠَูˆْู…ٌ ู„َّุง ุจَูŠْุนٌ ูِูŠْู‡ِ ูˆَู„َุง ุฎُู„َّุฉٌ ูˆَّู„َุง ุดَูَุง ุนَุฉٌ ۗ ูˆَุง ู„ْูƒٰูِุฑُูˆْู†َ ู‡ُู…ُ ุงู„ุธّٰู„ِู…ُูˆْู†َ

"Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 254)

Dalam hadis riwayat Imam Al-Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya, lalu salah satunya berdoa; Ya Allah, berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya. Sedangkan yang satunya lagi berdoa; Ya Allah, berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya.” (HR Bukhari)

Sedekah atau Shadaqatun bermakna sesuatu yang diberikan dengan maksud mengharapkan keridaan dari Allah. Shadaqatun bersinonim dengan kata ihsan yang berarti kedermawanan atau kemurahan hati. Secara umum sedekah dapat diartikan sebagai sebuah pemberian yang diberikan oleh seseorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu dan itu dilakukan sebagai bentuk implementasi pengakuan dan bukti kebenaran iman seseorang semata mata hanya untuk mengharapkan ridha dan pahala Allah SWT. Secara terminologi syariat, sedekah memiliki kesamaan arti dengan infak yang berarti mengeluarkan sesuatu (harta) untuk kepentingan sesuatu, termaksud kedalam pengertian ini, infak yang dikeluarkan orang-orang kafir untuk kepentingan agamanya (Firdaus, 2017).

Para fuqaha sepakat hukum sedekah pada dasarnya adalah sunnah, berpahala bila dilakukan dan tidak berdosa jika ditinggalkan. Hukum sedekah menjadi haram yaitu dalam kasus seseorang yang bersedekah mengetahui pasti bahwa orang yang bakal menerima sedekah tersebut akan menggunakan harta sedekah untuk kemaksiatan. Hukum sedekah berubah menjadi wajib, yaitu ketika seseorang bertemu dengan orang lain yang sedang kelaparan hingga dapat mengancam keselamatan jiwanya, sementara ia mempunyai makanan yang lebih dari apa yang diperlukan saat itu. hukum sedekah juga menjadi wajib jika seseorang bernazar hendak bersedekah kepada seseorang atau lembaga (Barkah et. al., 2020).

Manfaat sedekah

1. Mendapatkan pahala dan keberkahan
2. Meningkatkan kesejahteraan psikologis dan perasaan bahagia
3. Memperkuat ikatan sosial dan solidaritas di dalam masyarakat 
4. Memicu efek domino bagi orang lain untuk berbuat baik
5. Meringankan beban masyarakat dan memberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup yang membutuhkan
6. Membangun rasa kemanusiaan dan empati terhadap sesama



Tunggu dan simak terus update terkait INDUKSI berikutnya di ig @gamaisunsoed dan di website gamais tentunya.

“Semoga di akhir bulan Zulkaidah ini kita senantiasa Istiqomah di jalan Allah SWT, aamiin"
Terima kasih๐Ÿ™๐Ÿป

Wassalamu' alaikum warahmatullahi wabarakatuh

#DepartemenIlmiahdanPustaka
#KabinetAl-Uswah
#GamaisFapertaUnsoed
#Edukasi
#Sedekah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2024/2025

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2023/2024

INFO EDUKASI TERKINI #1: SUJUD