INFO EDUKASI TERKINI #4: KHOMER || MINUMAN KERAS

INDUKSI: Info Edukasi Terkini #4


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh๐Ÿ™Œ๐Ÿป


Apa kabar ikhwah fillah??? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaaa, Aamiin ๐Ÿคฒ๐Ÿป

Kami ada konten bermanfaat lagi nih buat kalian semua! ๐Ÿ™Œ๐Ÿป

Mari kita sama-sama menambah khazanah atau pengetahuan mengenai informasi aktual yang berkaitan dalam bidang keagamaan maupun keilmiahan. Gassin Kuyyy๐Ÿ”ฅ


Minuman Keras (Khomer)

Allah SWT melarang kita mengonsumsi minuman keras dalam firmannya

ูŠَุณْุฃَู„ُูˆู†َูƒَ ุนَู†ِ ุงู„ْุฎَู…ْุฑِ ูˆَุงู„ْู…َูŠْุณِุฑِ ۖ ู‚ُู„ْ ูِูŠู‡ِู…َุง ุฅِุซْู…ٌ ูƒَุจِูŠุฑٌ ูˆَู…َู†َุงูِุนُ ู„ِู„ู†َّุงุณِ ูˆَุฅِุซْู…ُู‡ُู…َุง ุฃَูƒْุจَุฑُ ู…ِู†ْ ู†َูْุนِู‡ِู…َุง ۗ ูˆَูŠَุณْุฃَู„ُูˆู†َูƒَ ู…َุงุฐَุง ูŠُู†ْูِู‚ُูˆู†َ ู‚ُู„ِ ุงู„ْุนَูْูˆَ ۗ ูƒَุฐَٰู„ِูƒَ ูŠُุจَูŠِّู†ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู„َูƒُู…ُ ุงู„ْุขูŠَุงุชِ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุชَูَูƒَّุฑُูˆู†َ

“Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir, “(QS Al Baqarah : 219)

Hadis riwayat Imam Muslim dari Ibnu Umar r.a.

ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุนُู…َุฑَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُู…َุง ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุงู„َ: «ูƒُู„ُّ ู…ُุณْูƒِุฑٍ ุฎَู…ْุฑٌ، ูˆَูƒُู„ُّ ู…ُุณْูƒِุฑٍ ุญَุฑَุงู…ٌ» (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)

Dari Ibnu Umar r.a. bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Setiap hal yang memabukkan itu khamr, dan setiap yang memabukkan itu haram.” (H.R. Muslim)

Khomer atau minuman keras(miras) adalah minuman yang memiliki kandungan etanol yang didapatkan dari proses penyulingan atau proses distilasi etanol diproduksi dengan cara fermentasi biji-bijian, buah, atau sayuran. Contoh minuman keras adalah arak, vodka, gin, baijiu, tequila, rum, wiski, brendi, dan soju. Etanol sendiri merupakan bahan psikoaktif apabila dikonsumsi menyebabkan penurunan kesadaran.

Dalam ayat sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Allah melarang mengonsumsi minuman keras. 

Berbagai penelitian ilmiah pada zaman modern telah membuktikan bahwa khomer memiliki dampak buruk bagi fisik maupun jiwa diantaranya adalah sebagai berikut.

1.Bahaya Khomer bagi kesehatan fisik

Djajosman (1999:9) Menyatakan bahwa meminum minuman keras dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang lama menimbulkan kerusakan pada jantung, hati, pankreas, lambung dan otot. Pada pemakaian kronis minuman keras dapat terjadi pengerasan hati, peradangan pankreas, dan peradangan lambung.

2.Bahaya Khomer bagi kesehatan jiwa

Meminum minuman keras secara kronis dalam jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan kerusakan jaringan otak sehingga menimbulkan gangguan daya ingatan, kemampuan penilaian, kemampuan belajar, dan gangguan jiwa.


Tunggu dan simak terus update terkait INDUKSI berikutnya di ig @gamaisunsoed dan di website gamais tentunya.

“Semoga dibulan Zulkaidah ini kita senantiasa Istiqomah di jalan Allah SWT, aamiin"

Terima kasih๐Ÿ™๐Ÿป

Wassalamu' alaikum warahmatullahi wabarakatuh


#DepartemenIlmiahdanPustaka
#KabinetAl-Uswah
#GamaisFapertaUnsoed
#Edukasi
#Khomerminumankeras


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2024/2025

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2023/2024

INFO EDUKASI TERKINI #1: SUJUD