INFO EDUKASI TERKINI #2: WUDHU

INDUKSI: Info Edukasi Terkini #2


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh🙌🏻



Apa kabar ikhwah fillah??? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaaa, Aamiin 🤲🏻

Kami ada konten bermanfaat lagi nih buat kalian semua! 🙌🏻

Mari kita sama-sama menambah khazanah atau pengetahuan mengenai informasi aktual yang berkaitan dalam bidang keagamaan maupun keilmiahan. Gassin Kuyyy🔥


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَا غْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَ يْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَا فِقِ وَا مْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَ رْجُلَكُمْ اِلَى الْـكَعْبَيْنِ ۗ 

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah  kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 6)

Wudhu berasal dari kata al- wadha’ah yang  mempunyai makna kebersihan dan kecerahan. Wudhu merupakan perintah langsung dari Allah Swt yang tertulis di dalam Al-Qur’an sebagai salah satu cara bersuci sebelum melaksanakan sholat. Wudhu sifatnya wajib dilakukan sebelum menunaikan shalat , thawaf, dan menyentuh mushaf. Hal ini bertujuan supaya kita senantiasa dalam keadaan suci dan bersih saat beribadah kepada Allah SWT.
Wudhu mengandung dua aspek kebersihan; yakni kebersihan lahir berupa pembersihan bagian tubuh manusia, dan kebersihan batin yang ditimbulkan oleh pengaruh wudhu kepada manusia berupa pembersihan dari kesalahan dan dosa yang dilakukan oleh anggota-anggota tubuh. Selain itu diakhirat kelak, seorang yang menjaga wudhunya ketika masih di dunia akan dikenali oleh Nabi sebagai umatnya dengan bekas wudhunya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Heru Syahputra, peneliti dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara pada tahun 2020. Gerakan -gerakan yang dilakukan selama berwudhu ini bukan tanpa tujuan. Tetapi gerakan yang dilakukan selama berwudhu dapat membersihkan kuman dan virus yang menempel pada anggota tubuh secara maksimal.
Selain itu dalam hasil penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2020 oleh Rina Mariyana, Rola Oktorina, dan Andiesta Pratama, para peneliti dari Universitas Fort de Kock Bukittinggi menyatakan bahwa gerakan-gerakan wudhu mempunyai efek relaksasi sehingga berwudhu sebelum tidur dapat mengurangi resiko insomnia dan dapat memperbaiki kualitas tidur.

Manfaat berwudhu bagi tubuh: 
1. Membersihkan tubuh dari kuman
2. Membuat perasaan tenang dan nyaman
3. Terapi Menghilangkan Stres 
4. Mengatasi insomnia
5. Melancarkan peredaran darah
6. Mengurangi rasa marah
7. Menjaga kulit tetap lembab
8. Mencegah sakit gigi dan gusi
9. Mencegah jerawat 
10. Merileksasikan otot setelah bekerja


Nah, itu dia informasi tentang wudhu. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat ya, teman-teman.🙌

Tunggu dan simak terus update terkait INDUKSI berikutnya di ig @gamaisunsoed dan di website gamais tentunya.

“Semoga menjelang akhir pertengahan semester ini kita senantiasa istiqomah ya, amiin."
Terima kasih🙏🏻



Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

#DepartemenIlmiahdanPustaka
#KabinetAl-Uswah
#GamaisFapertaUnsoed
#Edukasi
#Wudhu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2024/2025

PENGUMUMAN PENGURUS GAMAIS PERIODE 2023/2024

INFO EDUKASI TERKINI #1: SUJUD